APAKAH HEWAN MERAYAP ITU ?

Standar
Bila mendengar kata hewan merayap, kita pasti membayangkan hewan-hewan kecil yang bergerak dengan cara merayap bukan? .Kata “hewan merayap” mengacu pada serangga dan laba-laba yang merupakan anggota dari kelompok hewan Antropoda.
Antropoda 

Antropoda tergolong hewan Invertebrata yaitu hewan yang tidak bertulang belakang. Kepiting, Rayap, Kelabang termasuk dalam kelompok hewan antropoda. begitu juga dengan serangga dan laba-laba. Tubuh antropoda memiliki dinding luar yang keras, disebut eksoskeleton, tersusun dari lempengan-lempengan kaku yang slang terhubung oleh sendi yang lentur. Ekseskeleton ini berfungsi untuk melindungi otot dan organ-organ dalam yang lunak. Eksoskeleton diselubungi oleh lapisan lilin sehingga tahan air.

Hewan Merayap Prasejarah

Hewan merayap pertama muncul pada sekitar 300 juta tahun lalu dan merupakan hewan pertama yang dapat terbang. walaupun kebanyakan spesies itu sekarang sudah punah , tetapi fosil menunjukkan bahwa hewan-hewan tersebut mirip dengan kecoa dan capung yang hidup di jaman sekarang. Sejumlah serangga menjadi fosil setelah terjebak didalam sedimen berlumpur, yang kemudian mengeras menjadi batu. Sebagian lagi terjebak dalam getah yang mengalir dari batang pohon, lalu mengeras membentuk amber.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s