BERKARYA RELIEF

Relief adalah lukisan timbul yang diciptakan dengan cara memahat atau membentuk , menempel, memijat dan sebagainya.pembuatan relief dapat dilakukan dengan berbagai cara atau teknik. Teknik tersebut antara lain memahat, menempel, membentuk, dan memijat.

contoh relief pada Candi Borobudur

Image

Teknik-teknik membuat relief:

1.Teknik memijit

Berkarya relief dengan teknik memijit artinya menciptakan relief dengan cara memijit media atau bahan sedemikian rupa sehingga diperoleh suatu pola gambar.

2. Teknik Menempel

Berkarya relief dengan teknik menempel media atau pada sebuah permukaan datar sehingga diperoleh pola gambar yang lebih menojol dari permukaan sekitarnya .Berikut cara membuat relief dengan teknik menenpel ,yaitu:

a. Menyediakan alata dan bahan berupa kertas koran, tepung kanji, cat besi, papan   teripleks, pendil, kuas, dan penggaris.

b. Membuat bubur kertas dengan cara sebagai berikut:

  =>Sobek-sobeklah kertas koran kemudian rendam dalam air selama semalam. Bila kertas koran telah terasa lunak, remas-remas lah hingga lumatdan lembut seperti bubur kemudain tiriskan.

=>Masukkan lumatan kertas koran yang telahditiriskan kedalam panci. tmbahkan tepung kanji dan air secukupnya, kemudian panaskan diatas kopor hingga mendidih sambil kertas diaduk.

=>Menggambar motif. Perhatikan cara menggambaranya yaitu ,pertama bersihkan permukaan papan yang akan digambari, kedua tempelkan bubur kertas pada pola yanh telah kamu buat. Usahakan bubur kertas yang kamu tempelkan tidak meleset dari pola agar relief tampak rapi, Dan ketiga relief yang telah jadi dapat kamu waranai menggunakan cat kayu atau besi agar mengkilap. Tunggulah sampai cat mengering kemudian berilah bingkai dan penggantung pajangan relif pada dinding.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s