KAMUFLASE HEWAN MERAYAP

Hewan merayap merupakan santapan lezat bagi bermacam-macam satwa lain. Salah satu cara untuk menghindar agar tidak menjadi makanan predator adalah dengan cara teteap tidak terlihat , menggunkana bentuk dan warna agar terlihat menyatu dengan latar belakang disekitarnya. Hal ini disebut kamuflase.

=> Serangga Ranting


Tubuh ramping serangga ranting hampir tidak dapat dibedakan dengan ranting tak berdaun. Pada siang hari, ia menggunakan kemampuannya untuk menghindar dari burung dengan berpegangan tanpa bergerak pada suatu tumbuhan. Pada malam hari, ia bergerak dan memakan daun-daunan

=> Belalang Daun

   Saat belalang daun duduk disemak-semak, sayapnya yang berbentuk seperti daun dengan garis-garis seperti urat daun membuat dirinya hampir tidak terlihat. Bahkan telurnya pun menyerupai biji dari tumbuhan yang ia temapti. Belalang daun juga dapat mengubah-ubah warna tubuhnya menjadi lebih gelap dimalam hri dan menjadi lebih pucat di siang hari.

=> Peloncat pohan

    Dengan berpegangan erat-erat pada cabang pohon, peloncat-pohon tidak akan menarik perhatian burung lapar. Perpanjangan berbentuk aneh dibagian toraksnya terlihat seperti duri. Makanan uatama peloncat-pohon adalah daun dan getah pohon.

=> Laba-laba Lumut Kerak

    Laba-laba lumut kerak berbaring di batang pohon yang ditumbuhi lumut kerak dengan kepala mengarah kebawah. Saat bahaya mengancam, ia akan merapatkan tubuhnya kebatang pohon. Warna loreng pada tubuhnya serta kumpulan rambut dibagian kaki menyamarkannya sehingga terlihat seperti kulit kayu. Rambut-rambut itu juga membantu agar kakinya tidak membentuk bayangan yang terlihat jelas,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s