MENGHILANGKAN JERAWAT DENGAN MENGGUNAKAN BUAH-BUAHAN

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah mengkonsumsi buah-buahan. Cara menghilangkan jerawat dengan cara ini tentu lebih menyehatkan dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan. Berikut beberapa buah yang dapat menghilangkan jerawat:

1. Tomat

Vitamin A yang terkandung di dalam tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Selain untuk kesehatan, tomat juga bermanfaat untuk kecantikan. Seperti di dalam industri kecantikan, tomat banyak dimanfaatkan sebagai masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat. Hal ini dikarenakan pigmen likopen yang terkandung didalam tomat memang terbukti efektif sebagai antioksidan. Selain itu tomat juga menghasilkan zat lain seperti tomatin di dalam tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawa

2. Ketimun

Cucumis sativus L atau yang lebih dikenal dengan istilah mentimun, timun atau ketimun ini adalah salah satu sayuran yang cukup akrab dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali timun dijadikan lalapan ataupun sebagai salah satu sayuran pelengkap rujak dan juga gado-gado.

Mentimun cukup mudah dibudidayakan, selama daerah tersebut tidak mendapatkan curah hujan yang tinggi maka timun akan tumbuh dengan subur. Banyak orang mengatakan kalau timun dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan darah tinggi. Padahal, tidak hanya darah tinggi saja tapi banyak juga khasiat lain dari tumbuhan bersulur ini.

Mentimun mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji timun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Untuk menurunkan demam, cukup dengan memarut mentimun kemudian gunakan parutan timun untuk mengompres demam. Parutan mentimun juga bisa untuk masker wajah, sehingga kulit menjadi lebih lembab dan halus bebas dari jerawat. Sedangkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, 2 buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut

3. Paprika

Paprika memang bukan buah asli Indonesia. Namun, buah atau kadang juga disebut sebagai sayuran yang berasal dari Amerika Selatan ini sudah banyak dikonsumsi masyarkat kita dalam berbagai masakan. Paprika juga sudah dikembangkan di daerah Bandung, Wonosobo, dan Kota Batu. Apa kandungan dari buah yang memiliki warna cantik ini?

Buah paprika umumnya berwarna hijau, kuning, merah atau ungu sehingga sering dijadikan untuk mempercantik masakan, seperti pada semur daging atau barbeque. Selain warnanya cantik, daging paprika mempunyai rasa tidak pedas karena tidak mempunyai kandungan Capsicin seperti pada cabe. Karena itu, paprika sering juga disukai anak-anak.

Bahkan, dibalik warna dan rasanya, daging paprika juga mengandung berbagai macam manfaat. Dan yang paling utama adalah kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 160 mg/ 100 g buah paprika.

Ketiga buah di atas: tomat, ketimun dan paprika mengandung mineral yang bernama silikon yang sangat baik untuk kulit. Ketiga buah-buahan ini juga memiliki indeks gylcemic yang rendah dan anti pembekuan darah. Untuk memperoleh hasil yang terbaik, sebaiknya ketiga buah-buahan ini dikonsumsi bersama kulitnya.

4. Alpukat


Seperti halnya ketiga buah di atas, alpukat juga mengandung zat anti pembekuan darah dan mengandung indeks gylcemic yang rendah. Perbedaannya ialah alpukat kaya akan serat dan asam amino. Alpukat juga kaya akan asam amino yang berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit dari radikal bebas.

5. Bluberi

Bluberi (blueberry) merupakan buah yang jarang didengar oleh telinga orang Indonesia. Buah ini dapat dibeli di toko buah terkemuka (baca: toko buah untuk orang kaya) di Indonesia. Buah ini mengandung angka gylcemic yang rendah dan mengandung sangat banyak anti oksidan yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat.

6. Pepaya


Nah, buah yang satu ini adalah buahnya rakyat Indonesia. Sangat mudah ditemukan dan murah meriah. Buah pepaya, terutama pepaya yang belum sepenuhnya matang mengandung sebuah enzim yang sangat bermanfaat bagi kulit. Pepaya juga mengandung vitamin kecantikan, yaitu vitamin A dan C yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat.

7. Ara


Buah yang satu ini datangnya dari Timur Tengah. Juga bisa Anda temukan di toko buah terkemuka. Pada umumnya buah ini dikemas dalam bentuk keringan (asinan atau manisan). Selain mengandung indeks gylcemic yang rendah, buah ara merupakan buah yang bersifat alkali. Yaitu buah yang mampu menyeimbangkan kadar pH tubuh kita.

Nah semoga dengan mengkonsumsi buah-buahan di atas, masalah jerawat mu dapat teratasi. Dan tentu cara ini lebih sehat bagi tubuh karena bersifat alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s