Cara Alami Mengobati Sakit Gigi

Secara umum ada 4 hal yang menyebabkan sakit gigi, yaitu :

1. Karies Gigi

Karies adalah nama kolektif untuk kerusakan gigi di enamel, sementum, dan dentin (zat di tengah antara mahkota dan akar). Biasanya gigi berlubang karena disebabkan bakteri tertentu yang memproduksi asam laktat dari hasil fermentasi karbohidrat seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Makanya jangan lupa untuk menggosok gigi secara teratur 2 kali sehari biar tidak menjadi sarang bakteri penyebab gigi berlubang. Jika gigi telanjur berlubang maka harus segera dirawat ke dokter untuk ditambal biar tidak bertambah parah dan menyebabkan sakit gigi kambuhan.

2. Gigi longgar

Banyak penyebab kenapa gigi menjadi longgar, diantaranya adalah penyakit pada gusi (gingivitis, periodontitis), benturan akibat kecelakaan, dan lain-lain sehingga menyebabkan gigi terasa sakit saat mengunyah makanan. Jika sakitnya karena hal ini maka harus segera mendapatkan perawatan dokter gigi. Dokter akan lebih tahu bagaimana solusi yang akan diambil setelah terlebih dahulu memeriksanya baik secara langsung maupun berdasar foto ronsen.

3. Erosi gusi
Apabila gusi anda mengalami erosi maka lama kelamaan akan mengekspos akarnya sehingga menjadi sensitif terhadap makanan/minuman panas, dingin dan asam. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkannya diantaranya karena terlalu keras menggosok gigi atau karena anda menderita penyakit gusi. Jika penyebabnya karena sikat gigi yang anda pakai terlalu kasar atau cara menggosok anda yang kasar maka harus diganti dengan sikat gigi berbulu sikat lembut dan rubah cara menyikat gigi anda lebih lembut. Jika penyebabnya karena penyakit gusi maka anda harus segera mendapat perawatan dokter gigi.

4. Infeksi kanal akar gigi
Kanal akar gigi yang terinfeksi bisa sangat menyakitkan dengan rasa nyeri yang menyebar ke daerah lain di wajah dan tengkorak. Infeksi kanal akar gigi dapat membuat gigi mati sehingga harus dicabut. Mempertahankan gigi mati anda berarti anda harus menanggung resiko sakit gigi kambuhan dan juga berisiko mengalami infeksi yang berikutnya bisa menjadi pemicu berbagai penyakit lain seperti kanker, jantung, reumatik, diabetes bahkan kelainan pada otak.

A.  Cara mengobati sakit gigi berlubang tidak selalu melibatkan obat-obatan kimia. Obat-obatan kimia terkadang tidak cocok untuk sebagian gejala. Selain itu, orang-orang telah mengetahui betapa mahalnya pengobatan sakit gigi di dokter.

Mereka tidak cukup untuk datang sekali dan langsung sembuh. Cara mengobati sakit gigi dari dokter cukup lama karena butuh beberapa kalu kontrol untuk memastikan kesembuhan gigi tersebut. Hal ini menyebabkan mereka mencari pengobatan dengan metode yang berbeda. Cara lain untuk mengobati sakit gigi adalah dengan cara alami yang tidak akan menimbulkan efek samping. Berikut ini Inilah 10 Cara Alami dan Tradisonal Untuk Mengobati Sakit Gigi Karena Gigi Berlubang

1. Es batu
Es batu dapat membantu meringankan sakit gigi, caranya ambil sepotong kecil es batu dan letakkan diantara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, rasakan perlahan rasa sakit itu mulai akan hilang. Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 – 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang. Lebih aman daripada obat pereda sakit kimia.

2. Bawang putih
Potong halus si bawang putih (1 siung bawang putih), kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah di daerah yang sakit dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi Anda akan menghilang perlahan. Anda juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda.

3. Bawang Merah
Bukan hanya si bawang putih saja, karena si bawang merah juga tidak ketinggalan untuk meringankan rasa sakit gigi Anda, hehe kayak cerita anak aja… Kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut. Jadi Anda akan memperoleh manfaat lain dengan menggunakan bawang merah ini. Mengatasi sakit gigi sekaligus membasmi kuman, double jadi manfaatnya.

4. Jeruk Nipis
Peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda.

5. Minyak Cengkeh
Anda mungkin tahu bahwa cengkeh adalah salah satu komposisi penyusun rokok. Namun berbeda dengan fungsi cengkeh pada rokok, sari minyak cengkeh sangat manjur untuk menyelamatkan gigi Anda dari serangan rasa ngilu. Caranya mudah, oleskan minyak cengkeh pada gigi Anda dengan bantuan kapas.

6. Garam
Dibalik rasa asin garam, kandungan yodium yang tinggi juga meringankan ngilu gigi. Caranya mudah, taburkan garam dalam segelas air mineral hangat. Aduk kemudian gunakan sebagai sarana mouthwash. berkumurlah setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi. Tidak dianjurkan langsung memakan garam, karena selain pasti asin banget, juga malah kurang menyebar di sela-sela gigi.

7. Tepung Lada
Jagalah kebersihan gigi dengan tepung lada, gunakan sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi. Gigi sensitif pun bisa diatasi dengan cara yang sama.

8. Cabai Hijau
Tempelkan pada gigi yang sakit cabai hijau secukupnya yang dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Gunakan secara teratur 2 kali sehari.

9. Avokad dan Daun Kembang Sore
Keringkan/sangrai 1 biji avokad, lalu haluskan sampai menjadi bubuk. Setelah itu masukkan bubuk biji avokad ke gigi yang berlubang, kemudian tutup dengan kapas. Anda juga bisa menggunakan daun kembang sore. Ambil beberapa daun, rebus hingga matang dengan air. Tiriskan lalu diminum sambil dikumur.

10. Belimbing Wuluh
Ambil beberapa buah belimbing wuluh. Cuci bersih, makanlah dengan menggunakan garam. Kunyah dengan menggunakan gigi yang sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s