Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Salah satu hal yang membuat banyak orang malas untuk mengolah sendiri daging kambing adalah daging kambing biasanya memancarkan bau prengus. “Bau prengus ini berasal dari feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama kambing jantan,” ujar Chef Haryo Pramoe, dalam acara “Berbagi Kehangatan Masakan Kambing Bango Jelang Perayaan Idul Adha” di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

poo

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau prengus dari daging kambing.

1. Teknik memotong. “Yang paling penting adalah bagaimana cara menyembelihnya,” ujar Chef Haryo. Menurutnya, jika Anda memutuskan untuk menyembelih kambing, jangan gunakan tangan yang sama untuk memotong dan menguliti daging. Bau prengus ini terutama berada di tanduk kambing sehingga jika tangan kiri Anda sudah memegang tanduk dan menguliti kambing, jangan gunakan tangan yang sama untuk memegang bagian dagingnya.

2. Proses aging. Sebelum diolah lebih lanjut, daging ini jangan langsung dimasak karena selain akan menimbulkan bau prengus, juga akan membuat daging kambing terasa lebih alot karena kambing ini disembelih dalam keadaan tegang. Setelah daging dikuliti, sebaiknya gantung kambing utuh ini dengan posisi terbalik kepala di bagian bawah, atau yang biasa disebut sebagai proses aging.

“Proses ini bertujuan menghilangkan sisa darah yang masih ada dalam tubuh kambing,” ujarnya. Proses aging ini dilakukan selama sekitar 24 jam. Alternatif lain adalah memasukkannya ke dalam lemari es dengan suhu 4 derajat celsius dan membungkusnya dengan handuk bersih.

3. Minimalkan penggunaan air. Banyak orang yang menyarankan agar tak berbau prengus, daging kambing sebaiknya tidak dicuci. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. “Sebenarnya tidak masalah jika harus dicuci, namun harus segera dikeringkan kembali dengan handuk bersih,” ujarnya. Namun, hindarkan seminimal mungkin daging kambing dari air jika belum akan diolah.

4. Tambahkan ketimun. Remas daging kambing yang sudah dipotong-potong bersama dengan irisan ketimun selama beberapa menit. Getah dalam ketimun bisa membuat aroma prengus daging kambing ini benar-benar hilang.

5. Gunakan bumbu dapur. Untuk menghilangkan bau prengus, gunakan campuran beberapa bumbu dapur seperti kunyit, jahe, salam, sereh, dan lengkuas yang sudah dihaluskan ke dalam campuran rebusan. Bumbu-bumbu halus ini diyakini bisa menghilangkan bau prengus ketika daging direbus sampai daging ini empuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s