BUAH DELIMA

Buah delima merupakan buah yang sudah dikenali oleh masyarakat luas. Salah satu khasiat buah delima untuk kecantikan bisa membersihkan kulit dan mengobati peradangan. Penyakit diabetes, kurang darah dan rematik juga bisa diatasi dengan buah delima. Buah delima bisa kita temui di kebun-kebun yang biasanya ditanam sebagai tanaman hias, punya manfaat sebagai tanaman obat atau karena buahnya yang dapat dimakan. Buah ini berasal dari Timur Tengah, dan bisa tumbuh pada daerah subtropis sampai tropik. Pohon buah delima mudah tumbuh pada tanah yang gembur yang tidak terendam air dengan air tanah yang tidak dalam.

BM

Bentuk buah delima bulat, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, hijau kekuningan, putih, coklat kemerahan, atau ungu kehitaman. Keistimewaan buah delima disini yaitu berbiji banyak, kecil-kecil dan beragam warnanya. Ada yang berwarna putih, merah dan juga ada yang berwarna merah jambu dan delima ini bisa dimakan beserta bijinya.

Macam-macam buah delima ada tiga yang bisa anda ketahui, yaitu delima putih, delima merah, delima ungu. Di antara delima yang sudah saya sebutkan yang sering kita jumpai yaitu delima putih. Ciri-ciri delima putih biasanya kulitnya berwarna hijau kekuningan dan biji di dalam berwarna putih bening. Buah delima dapat dikonsumsi secara langsung, buah ini juga bisa jadikan campuran rujak buah, salad buah, dan bisa dibuat jus. Jus delima bisa anda minum dengan bijinya, karena biji delima banyak mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Khasiat buah delima untuk kesehatan sangat beragam, seperti halnya dapat menyembuhkan gangguan pada perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, rematik, kurang darah dan penyakit diabetes. Cara memanfaatkan buah delima sebagai obat sangatlah mudah tanpa pikir panjang, seperti dalam bentuk sari buah atau bisa juga dengan cara memakan langsung bijinya, sirup, pasta atau konsentrat delima. Untuk yang sedang mencari tips kecantikan secara tradisional, manfaat buah delima juga bisa membuat tetap cantik. Delima sering dimanfaatkan untuk membersihkan kulit dan peradangan pada kulit. Jus buah delima juga bermanfaat untuk mengobati peradangan pada tenggorokan. Buah delima yang banyak mengandung antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolestrol jahat dalam tubuh.

Dibawah ini merupakan beberapa Manfaat dan keuntungan dari mengkonsumsi buah delima:

NM

  • Dalam Mengatasi Gangguan Perut
    Kulit Delima dan daun bisa digunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare. Minum teh yang dibuat dari daun buah ini membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan Anda. Jus buah delima juga digunakan untuk menangani masalah disentri dan kolera.
  • Mengatasi Gangguan Perut Masalah Jantung
    Asupan jus buah delima dapat mempertahankan aliran darah dalam tubuh untuk tetap normal. Oleh karena itu buah ini sangat manfaal dalam mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Sifat antioksidan yang terkandung dalam buah ini membantu untuk menjaga kolesterol jahat dan menjaga arteri agar terbebas dari gumpalan. Dengan demikian peredaran darah akan tetap lancar dan kesehatan paru paru kita pun akan tetap sehat.
  • Mengatasi Kanker
    Delima terdiri dari tingkat tinggi antioksidan yang disebut flavenoids. Flavenoids ini dianggap efektif dalam menangkal berbagai penyakit kanker. Orang-orang yang menghadapi risiko kanker prostat dan kanker payudara harus mulai minum jus buah ini, karena hal ini akan membantu mereka untuk mengurangi resiko berkembangnya kanker lebih lanjut . Mengkonsumsi buah delima secara rutin dapat mengurangi kadar PSA dalam tubuh dan membantu untuk melawan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh.
  • Untuk Perawatan Gigi
    Manfaat terbaik dari jus delima untuk perawatan gigi adalah bahwa buah delima memiliki bahan antibakteri dan antivirus yang dapat membantu untuk mengurangi efek plak pada gigi.
  • Mengatasi Osteoarthritis
    Buah Delima memang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit seperti aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri dan tulang rawan dan sendi ini dapat disembuhkan dengan makan buah ini. Selain itu, delima juga mampu mencegah pembentukan enzim yang dapat menghancurkan jaringan ikat.
  • Mengatasi Anemia
    Untuk memperthankan aliran darah yang sehat kita dapat mengkonsumsi buah delima dengan cara apa pun. Kandungan zat besi yang dimiliki oleh buah delima dapat mengurangi gejala animia, seperti kelelahan dan pusing.
  • Manfaat Lain Dari Buah Delima
    Seiring berlalunya waktu, ternyata semakin banyak orang sudah mulai menyadari pentingnya makan buah delima. Selain beberapa manfaat diatas, manfaat lain dari buah delima antara lain adalah, buah delima dapat mengurangi kemungkinan memiliki bayi prematur dan mecegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Delima juga mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit Alzheimer di kalangan generasi tua. Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah delima juga baik untuk kecantikan. Buah delima dapat membantu mengontrol masalah penuaan seperti keriput. Selain itu, buah delima juga membantu seorang wanita untuk mengatasi depresi, terutama ketika memasuki masa menopause. The Journal of Urology menyatakan bahwa jus buah delima juga bisa sangat membantu dalam menyembuhkan masalah disfungsi ereksi. Dengan demikian, sangat banyak sekali manfaat dari buah delima.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s